Place of Storytelling and Sharing

Sumber: http://www.amronbadriza.com/2012/07/cara-membuat-judul-blog-bergerak.html#ixzz2G3dZ8IF3

Senin, 14 Mei 2012

Lembar kerja siswa (LKS)


Lembar kerja siswa (LKS)
Menentukan Logaritma Suatu Bilangan Menggunakan Tabel
Logaritma suatu bilangan nilainya terdiri atas dua bagian, yaitu karakteristik (bilangan yang terletak di depan koma desimal) dan mantisa (bilangan yang terletak di belakang koma).
Catatan:            Jika 1 < x < 10 karakteristiknya 0
Jika 10 < x < 100 karakteristiknya 1
Jika 100 < x < 1000 karakteristiknya 2
Contoh:
log 2,6 = log2,60 = 0,...
Bagian desimalnya (mantisa) diperoleh dari pertemuan antara baris
yang memuat angka 26 dan kolom yang memuat angka 0, yaitu 4150.
Jadi, log 2,6 = 0, 4150. (gunakan tabel)
Ket :     0          = Karakteristik
44150 = mantisa
            Latihan soal :
            1.  Dengan menggunakan tabel logaritma, tentukan:
                 a. log 1,3     =                                              j.  log 8               =
     b. log 2,65  =                                              k. log 99,9 =
     c. log 2,95   =                                              l. log 88,8 =
     e. log 9,99   =                                              m. log 18   =
     f. log 26,5   =                                              n.  log 4,75=
     g. log 29,5   =
     h. log 8,88  =
     i. log 6        =
Jika numerus dari logaritma 0 < x < 1 maka sebelum dilogaritmakan, nyatakan bilangan itu dalam bentuk baku a × 10–n dengan 1 ≤ a ≤ 10, n bilangan bulat positif.
Contoh soal
Dengan menggunakan tabel logaritma, tentukan :  log 0,471
            log 0,471= log 4,71 × 10–1
  = log 4,71 + log 10–1
  = log 4,71 – 1
  = 0,673 – 1
  = –0,327
Latihan soal
2.  Dengan menggunakan tabel logaritma, tentukan :
            a. log 0,087                              d. log 0,00309
            b. log 0,00984                         e.
            c. log 142                                 f.
           
           


Tidak ada komentar:

Posting Komentar