Place of Storytelling and Sharing

Sumber: http://www.amronbadriza.com/2012/07/cara-membuat-judul-blog-bergerak.html#ixzz2G3dZ8IF3

Senin, 18 Juni 2012

LEMBAR KERJA SISWA ( LKS )


LEMBAR KERJA SISWA ( LKS )
Mata Pelajaran           : Matematika
Materi Pembelajaran : Diskriminan dan jenis- jenis akar persamaan kuadrat
Kelas / Semester          : X/1
Waktu                          : 1x45 menit
Kompetensi Dasar   : Menggunakan sifat dan aturan tentang persamaan dan  pertidaksamaan kuadrat
Indikator                     :
·         Menentukan diskriminan dari persamaan kuadrat
·         Menentukan jenis – jenis akar dari persamaan kuadrat
Petunjuk Belajar     :
·         Pelajarilah tentang persamaan kuadrat (diskriminan dan jenis-jenis akar ) dari berbagai  buku sumber
·         Lakukan langkah- langkah kerja secara berurutan
Informasi
Ø  Diskriminan dan jenis- jenis akar persamaan kuadrat
Persamaan kuadrat yang bentuk umumnya ax2+bx+c=0, dengan a, b, c R dan a ≠0 mempunyai akar     atau    
 dengan D = b2-4ac
Dengan Melihat nilai dari diskriminan (D), maka jenis-jenis akar persamaan kuadrat dapat dibedakan menjadi
1.      Jika D > 0, maka kedua akarnya nyata /real dan berlainan apabila a, b dan c rasional, maka:
a.       Jika D > 0 dan D merupakan kuadrat sempurna maka kedua akarnya rasional.
b.      Jika D > 0 dan D bukan kuadrat sempurna maka kedua akarnya irrasional.
2.      Jika D = 0, maka kedua akarnya nyata /real dan sama
3.      Jika D < 0, maka kedua akarnya imajiner/ tidak nyata.
Motivasi
1.      Dengan memperhatika rumus abc           , bagaimanakah agar pada persamaan kuadrat dapat diperoleh akar- akar yang nyata (real)?
2.      Dari persamaan kuadrat berikut
a.       2x2 – 5x + 1 = 0
b.      5x2 + 2x + 4 = 0
c.       4x2 + 12x + 9 = 0
 Manakah yang memiliki nilai D = 0, D > 0, D < 0?
Langkah Kerja
1.      Perhatikan persamaan kuadrat berikut dan hitung nilai diskriminannya
a.       x2 – 10x + 25 = 0
b.      x2 + x - 42 = 0
c.       15x2 + 10x – 4 = 0
d.      6x2 + 5x – 3 = 0
e.       12x2 + 3x – 4 = 0
f.       16 – 9x – 12x2 = 0
a.       a = ......., b = ......, c = ......., D = ....................................= ........................
b.      a = ......., b = ......, c = ......., D = ....................................= ........................
c.       a = ......., b = ......, c = ......., D = ....................................= ........................
d.      a = ......., b = ......, c = ......., D = ....................................= ........................
e.       a = ......., b = ......, c = ......., D = ....................................= ........................
f.       a = ......., b = ......, c = ......., D = ....................................= ........................

2.      Manakah yang memiliki nilai D = 0, D > 0 dan D < 0.
3.      Tentukan jenis-jenis akar dari persamaan kuadrat  tersebut.
Soal Latihan
1.      Tanpa menyelesaikan persamaannya terlebih dahulu , tentukan jenis – jenis akar persamaan kuadrat berikut
a.       x2 – 10x + 25 = 0
b.      15x2 + 10x – 4 = 0
c.       4x2 + 7x + 5 = 0
2.      Tentukan nilai p agar persamaan kuadrat px2 – 6x + 9 = 0 mempunyai
a.       Dua akar real dan sama
b.      Dua akar real dan berlainan
c.       Dua akar tidak real
3.      Diketahui persamaan kuadrat x2 – (2a + 3)x + a2 + 3a + 1 = 0
a.       Tentukan diskriminan persamaan tersebut
b.      Tentukan jenis – jenis akarnya
4.      Tentukan nilai k agar persamaan x2 – 8x + (k-4) = 0 mempunyai akar –akar yang kembar.









Jawaban
1.      a. x2 – 10x + 25 = 0, berarti a = 1, b =, -10, c = 25
    = (-10)2 – 4. (1). (25)
    = 100 – 100
    = 0
Karena D = 0, maka persamaan kuadrat x2 – 10x + 25 = 0 mempunyai dua akar real dan sama.
 b.15x2 + 10x – 4 = 0, berarti a = 15, b = 10, c = -4
D = b2 – 4ac
    = (10)2 – 4. (15). (-4)
    = 100 – (-240)
    = 100 – (-240)
    = 340
Karena D = 340 > 0, maka persamaan kuadrat 15x2 + 10x - 4 = 0 mempunyai dua akar real dan berlainan.
c.       4x2 + 7x + 5 = 0, berarti a = 4, b = 7, c = 5
    = (7)2 – 4. (4). (5)
    = 49 – 80
    = -31
Karena D = -31 < 0, maka persamaan kuadrat 4x2 + 7x + 5 = 0 mempunyai dua akar  yang tidak real (imajiner).
2.      px2 – 6x + 9 = 0, berarti a = p, b = -6, c = 9
D = b2 – 4ac
    = (-6)2 – 4. (p). (9)
    = 36 – 36p
a.       syarat agar suatu persamaan kuadrat mempunyai dua akar real dan sama adalah D = 0.
           D = 0
36 – 36p = 0
          36 = 36p
            p = 1
Jadi, syarat agar persamaan kuadrat px2 – 6x + 9 = 0 mempunyai dua akar real dan sama adalah p = 1.
b.      syarat agar suatu persamaan kuadrat mempunyai dua akar real dan berlainan adalah D > 0
           D > 0
36 – 36p > 0
          36 > 36p
            1 > p
           p < 1
Jadi, syarat agar persamaan kuadrat px2 – 6x + 9 = 0 mempunyai dua akar real dan berlainan adalah p < 1.
c.       syarat agar suatu persamaan kuadrat mempunyai dua akar tidak real adalah D < 0
              D < 0
   36 – 36p < 0
             36 < 36p
               1 < p
                p > 1
Jadi, syarat agar persamaan kuadrat px2 – 6x + 9 = 0 mempunyai dua akar tidak real adalah p > 1.
3.      x2 – (2a + 3)x + a2 + 3a + 1 = 0, berarti a = 1, b = - (2a + 3), c = a2 + 3a + 1
a.       D = b2 – 4ac
          = (-2a – 3)2 – 4. (1). (a2 + 3a + 1)
          = 4a2 + 12a + 9 – 4a2 -12a - 4
          = 9 – 4
          = 5
Jadi, D = 5
b.      Karena D = 5 > 0, persamaan kuadrat x2 – (2a + 3)x + a2 + 3a + 1 = 0 mempunyai dua akar real dan berlainan.
4.      x2 – 8x + (k-4) = 0, berarti a = 1, b = -8, c = k – 4
D = b2 – 4ac
    = (-8)2 – 4. (1). (k - 4)
    = 64 – 4k + 16
    = 80 – 4k
Syarat suatu persamaan kuadrat agar mempunyai dua akar yang kembar adalah D = 0.
             D = 0
    80 – 4k = 0
            80 = 4k
              k = 20                                                           
  jadi, k = 20.
Penilaian
Setiap Jawaban mempunyai nilai =
Nilai maksimum =

Tidak ada komentar:

Posting Komentar